#Tips menghadapi masalah#


. Masalah pasti tidak akan pernah bosan menghampiri kita. Terkadang dalam menghadapinya kita bisa tegar, namun lebih sering kita menjadi tidak sabar dan tidak ikhlas dalam menghadapi cobaan yang datang. Hasilnya, kita merasa menjadi orang yang paling nespata di seluruh dunia. Padahal, yang menjadi permasalahan sebenarnya ialah bagaimana sikap kita ketika menhadapi masalah2 hidup tsb. Mutlak sudah, bahwa memahami rahasia di setiap masalah adalah kunci emasnya! Saya -penulis- sebenarnya belum pantas memberikan tips-tips bagaimana caranya supaya bisa sabar (karena diri saya jug nggak sabaran.. he). Tapi, insya Allah uraian berikut tidak ada salahnya untuk dijadikan bahan renungan.

***

Pertama, penyebab kita gak bisa sabar dalam menghadapi musibah atau misalnya kehilangan, KARENA, kita selalu merasa semua yg kita miliki adalah bener2 milik kita. Tapi klo kita sedikit MAU merenung, ternyata semuanya adalah milik Allah. Kita bisa segede ini skrg juga karena pemeliharaan Allah. Jadi, suka-suka Allah mau nglakuin apa aja ke diri kita.

Yang namanya manusia hidup PASTI diuji (baca surat Al Ankabut awal dan awal surat Al Mulk). Semua ujian itu datang dari Allah, bisa berupa kesenangan atau kesulitan. Tapi, yakinlah apa pun yg Allah takdirkan buat kita adalah yg terbaik buat kita juga.

Menurut pakar psikologi anak, M. Faudhil Adzim, disebutkan bahwa:

Cukuplah dikatakan KEJAM bagi orang tua yang selalu memanjakan anaknya. Semua keperluan anaknya disediakan dan diberi segala yg mewah2. Anak itu tidak dibiarkan sedikit pun diberi kesempatan utk mengusahakan apa yg ia inginkan.

Lalu apa yg terjadi kemudian pada anak itu? Ketika anak itu menjadi besar, di kehidupannya ia menjadi seorang yg egois, tidak kreatif, dan tidak berkompeten dalam bidang apapun kecuali kemalasan. Apakah ini yg dihendaki oleh orang tuanya dulu? Tentu bukan!

Orang tua yg baik bukan orang tua yg menfasilitasi anaknya dengan kemewahan, tetapi orang tua yg baik itu adalah orang tua yg memberikan kesempatan anaknya utk berusaha, serta membimbing setiap langkahnya. Menyemangati dan mendukung penuh hal2 baik yg dilakukan anaknya.

Begitu pula Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Cobaan yg diberikan kepada hambanya jangan sampai kita pandang sebagai siksaan, tapi pandanglah sebagai sarana untuk memperkuat diri. Dan di dalam Al Quran (buka Al Baqarah bagian akhir), Allah berjanji tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan kita. Janji Allah jauh lebih pasti daripada terbitnya matahari esok pagi.

Kedua, setiap ujian dari Allah adalah kebaikan dan hikmah besar buat diri kita. Tidak semua yang menurut kita baik adalah benar2 baik diri buat kita. Kenapa? karena Allah-lah yang paling mengerti diri kita, Dia-lah yg menciptakan dan memelihara kita sehingga Allah-lah yang paling paham apa-apa yg kita butuhkan. Sedangkan kita,mungkin hanya sedikit yg kita ketahui dari diri kita.

Misalnya, ada seorang anak TK minta dibelikan motor Tiger kepada Ayahnya. Kemudian tentu sang ayah tidak bersedia mengabulkan permintaan si anak. walau anak2nya nangis2 seharian, tetap si ayah gak menuruti permintaan anaknya yg masih kecil itu. Bukannya ayahnya ini pelit, tapi ayahnya yakin bahwa anaknya belum pantas utk mengendarai Motor sebesar dan seberat Tiger. Ayah nya khawatir kalo2 anaknya nanti malah kecelakaan. Tapi, dalam hati sang ayah pasti berjanji akan membelikan anaknya itu motor yg lebih bagus dari pada tiger saat anaknya telah masuk Kuliah.

Begitu pula, Allah yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang, tidak mungkin mengorbankan hambanya, utk hal2 yg dipandang baik dalam kacamata sang hamba. (buka Al Baqarah yat 216; kalo gak salah :)

o y, sekedar saran buka jg Quran Al Baqarah ayat 45. Artinya: “Carilah pertolongan (Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya yg demikian itu berat kecuali bagi mereka yg khusyu’”… Wahai orang2 yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya orang bersama orang2 yg sabar..”

Wallahu a’lam
*Ainun Jariyah*(cpt)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Categories

Pages

Cari Blog Ini

Search

Postingan Populer

Popular Posts

Arsip Blog

Recent Posts